PERSYARATAN DAN KETENTUAN

Persyaratan dan ketentuan ini berlaku untuk semua layanan yang disediakan oleh SiteMinder.

Dengan mengisi dan menyerahkan Formulir Pendaftaran ke SiteMinder, atau mengeklik “Saya Setuju”, atau menggunakan Produk SiteMinder, Anda mengakui bahwa Anda telah membaca dan menyetujui persyaratan dan ketentuan berikut.

Persyaratan dan ketentuan adalah terjemahan masukkan bahasa dari persyaratan dan ketentuan bahasa Inggris yang merupakan perjanjian yang mengikat antara Anda dan SiteMinder dengan mengesampingkan semua versi lain, termasuk terjemahan ini. Terjemahan ini telah disediakan untuk tujuan referensi saja.

PERJANJIAN PENGGUNA HOTEL INDEPENDEN

PARA PIHAK

  1. Online Ventures Pty Limited (ABN 59 121 931 744) yang beralamatkan di Level 3, 88 Cumberland Street, The Rocks NSW 2000 (SiteMinder); dan
  2. Pelanggan yang ditetapkan di Butir 1 pada Lampiran (Pelanggan).

DISEPAKATI BAHWA

1. Definisi dan Penafsiran

1.1 Definisi

Dalam syarat dan ketentuan ini, kecuali ditentukan lain oleh konteks:

Perjanjian berarti perjanjian yang dijalin antara SiteMinder dan Pelanggan yang terdiri atas syarat dan ketentuan ini serta setiap Lampiran Produk yang berlaku.

Situs Pemesanan berarti situs web untuk agen perjalanan online, agen distribusi, layanan distribusi global, agen perjalanan grosir dan lainnya yang melaluinya calon tamu hotel dapat melihat, membandingkan atau memesan akomodasi hotel serta barang dan jasa terkait.

Hari Kerja berarti hari selain hari Sabtu, Minggu atau hari libur umum.

Commencement Date has the meaning given in clause 2.1.

Informasi Rahasia dari suatu pihak berarti setiap informasi yang ditandai rahasia atau yang berdasarkan sifatnya diketahui atau seharusnya diketahui oleh pihak lain sebagai sesuatu yang rahasia (terlepas dari bentuk informasi dan kapan diperolehnya informasi tersebut) serta mencakup rahasia dagang, pengetahuan teknis, konsep, desain, rencana, preseden, proses, metode, teknik, keterampilan praktis, inovasi, ide, prosedur data riset, data keuangan, basis data, data personel, perangkat lunak dan program komputer, informasi tentang pelanggan dan pemasok, korespondensi dan surat serta berkas dengan segala deskripsinya termasuk semua salinan atau ekstrak salinan yang terkait dengan urusan atau bisnis pihak tersebut.

Kontrol dalam kaitannya dengan entitas, berarti kapasitas untuk menentukan hasil keputusan tentang kebijakan keuangan dan operasional entitas tersebut.

Kerugian Konsekuensial berarti:

  1. kehilangan pendapatan, kehilangan laba, kehilangan laba yang diharapkan atau kehilangan (atau kegagalan mendapatkan) penghematan yang diharapkan;
  2. kehilangan peluang aktual atau potensial atau kehilangan kontrak;
  3. kehilangan atau kerusakan terhadap niat baik atau reputasi;
  4. kerugian yang timbul akibat kerusakan terhadap peringkat kredit atau peningkatan biaya pendanaan;
  5. kehilangan data atau kerusakan data;
  6. kerugian akibat gangguan bisnis atau kerugian atau kerusakan yang diakibatkan oleh waktu kelola yang tersia-siakan; atau
  7. setiap kerugian atau kerusakan tidak langsung, khusus, ekonomi, insidental atau konsekuensial, yang timbul dengan cara apa pun, baik yang didasarkan pada kontrak (termasuk yang didasarkan atas ganti rugi), di luar kontrak (termasuk kelalaian), hal-hal sejenisnya, menurut ketentuan hukum mana pun atau lainnya.

Aplikasi Perangkat Lunak Pelanggan berarti setiap perangkat lunak yang digunakan oleh Pelanggan untuk mengelola pemesanan, termasuk setiap sistem manajemen properti atau sistem reservasi pusat, tapi tidak termasuk Perangkat Lunak SiteMinder mana pun.

Pengguna Pelanggan berarti pejabat, karyawan, agen, kontraktor atau perwakilan Pelanggan.

Ketentuan Perlindungan Data berarti setiap pedoman, legislasi, regulasi, undang-undang atau perintah yang berlaku, yang dapat diterapkan dari waktu ke waktu sehubungan dengan pengumpulan, penyimpanan dan penggunaan Informasi Pribadi termasuk (tapi tidak terbatas pada) Undang-Undang Privasi Australia 1988 (Cth), Prinsip-Prinsip Privasi Australia, Undang-Undang Perlindungan Data Inggris 1998, Instruksi Perlindungan Data UE 95/46/EC dan Regulasi Perlindungan Data Umum 2016/679/EC serta undang-undang, regulasi, panduan dan pedoman praktik serupa yang dikeluarkan oleh Kantor Komisi Informasi atau Ombudsman Privasi, tergantung pada kondisinya di yurisdiksi yang berlaku.

Pengguna Akhir berarti orang yang mendapatkan layanan dari Pelanggan yakni versi penyediaan ulang atau versi turunan dari suatu Produk atau Layanan yang disediakan oleh SiteMinder bagi Pelanggan tersebut.

Rincian Pengguna Akhir berarti semua informasi tentang Pengguna Akhir yang berada dalam kepemilikan atau kontrol Pelanggan, termasuk tapi tidak terbatas pada, nama lengkap, alamat penagihan, alamat jalan, dan jika berlaku, rincian Layanan yang dipesan dan disediakan.

Kekurangan berarti setiap kekurangan yang membuat suatu Produk tidak bisa dioperasikan.

Biaya berarti biaya yang harus dibayarkan oleh Pelanggan ke SiteMinder untuk Produk atau Layanan yang disediakan berdasarkan Perjanjian ini, sebagaimana yang ditentukan di Butir 3 pada Lampiran.

Peristiwa Keadaan Kahar berarti setiap tindakan, peristiwa atau penyebab yang menghalangi suatu pihak untuk melakukan, atau menunda pelaksanaan, mana pun dari kewajibannya berdasarkan Perjanjian ini, hingga tingkatan di mana tindakan, peristiwa atau penyebab tersebut sudah berada di luar kontrol yang wajar dari pihak yang terdampak, termasuk (tapi tidak terbatas pada):

  1. bencana alam, setiap peristiwa yang terjadi di luar dugaan manusia, kebakaran, badai atau ledakan;
  2. setiap pemogokan, larangan bekerja, tindakan industri, perang, sabotase, kerusuhan, tindakan terorisme, setiap serangan terhadap komputer (denial-of-service attaks/DoS), pemberontakan, huru-hara, darurat nasional (baik secara faktual atau secara hukum), kekurangan pasokan listrik, epidemi, karantina, kontaminasi radiasi atau radioaktif;
  3. setiap tindakan atau ketiadaan tindakan oleh organ pemerintah atau badan pemerintah mana pun;
  4. perubahan dalam undang-undang apa pun, termasuk undang-undang baru;
  5. kerusakan pabrik, mesin peralatan, kegagalan telekomunikasi atau kekurangan tenaga kerja, alat transportasi, bahan bakar, listrik atau pabrik, mesin, peralatan atau material (termasuk kekurangan pasokan dari sumber atau pemasok biasa); atau
  6. Kegagalan Pemasok.

Badan Pemerintah berarti setiap pemerintahan atau setiap badan, entitas, departemen atau otoritas publik, yang dibentuk berdasarkan undang-undang, pemerintahan (termasuk pemerintah lokal), semi-pemerintahan atau yudisial dan mencakup setiap organisasi regulator mandiri yang dibentuk berdasarkan undang-undang.

GST berarti pajak barang dan jasa, atau setiap pajak pertambahan nilai atau penjualan yang sebanding, atau pajak serupa atas penjualan atau penyediaan di yurisdiksi yang berlaku mana pun.

Tamu berarti tamu yang berada di properti Pelanggan.

Data Hotel berarti semua data yang terkait dengan hotel Pelanggan, termasuk (tapi tidak terbatas pada) tarif hotel, tipe kamar, ketersediaan kamar, paket tarif, larangan, hunian, data Tamu, reservasi, gambar dan konten.

Kejadian Kepailitan dalam kaitannya dengan suatu pihak:

  1. kurator, kurator dan manajer, wali amanat, administrator, pejabat lainnya atau yang serupa, yang ditunjuk atas setiap aset atau urusan bisnis pihak tersebut;
  2. pihak tersebut secara umum menunda pembayaran atas utangnya;
  3. pihak tersebut tidak mampu atau menjadi tidak mampu membayar utangnya ketika sudah jatuh tempo;
  4. pihak tersebut mengadakan atau bertekad mengadakan pengaturan, komposisi atau kompromi, atau pengalihan untuk kepentingan, dengan krediturnya atau golongan kreditur apa pun;
  5. pihak tersebut berhenti berbisnis atau mengancam untuk berhenti berbisnis;
  6. resolusi dikeluarkan atau langkah diambil untuk menunjuk, atau resolusi dikeluarkan untuk menunjuk, seorang administrator.
  7. permohonan atau perintah dibuat untuk pengakhiran atau pembubaran pihak lain, atau resolusi dikeluarkan, atau langkah diambil untuk mengeluarkan resolusi, untuk pengakhiran atau pembubaran pihak lain, selain dari untuk keperluan penggabungan atau rekonstruksi dengan persetujuan tertulis sebelumnya dari pihak pertama; atau
  8. suatu pihak dianggap pailit dalam makna yang terdapat di undang-undang mana pun yang berlaku, atau mengancam untuk melakukan mana pun dari (a) – (g);
  9. permohonan atau proses serupa atau bersesuaian apa pun dibuat, direncanakan atau diancamkan di yurisdiksi lain tempat di mana Layanan disediakan atau Pelanggan berada.

Hak Kekayaan Intelektual berarti semua hak kekayaan intelektual, yang mencakup hak-hak berikut ini:

  1. paten, hak cipta, hak tata letak sirkuit, desain terdaftar dan tidak terdaftar, merek dagang, nama domain, nama bisnis dan setiap hak agar informasi rahasia dijaga kerahasiaannya; dan
  2. pemakaian atau hak untuk mengajukan registrasi mana pun dari hak-hak yang dirujuk pada ayat (a).

Suku Bunga berarti 5% di atas nilai suku bunga dasar dari Reserve Bank of Australia dari waktu ke waktu.

Pengeluaran Bulanan Minimumberarti jumlah minimum yang telah disepakati Pelanggan untuk dikeluarkan setiap bulannya selama Jangka Waktu Perjanjian yang ditentukan di Butir 4 pada Lampiran.

PCI DSS berarti Standar Keamanan Data Industri Kartu Pembayaran yang dikeluarkan oleh Dewan Keamanan Industri Kartu Pembayaran dari waktu ke waktu dan tersedia di: https://www.pcisecuritystandards.org/document_library?document=pci_dss

Informasi Pribadi memiliki makna sebagaimana yang terdapat dalam Ketentuan Perlindungan Data relevan.

Produk berarti produk yang disediakan oleh SiteMinder termasuk (tapi tidak terbatas pada) “Channel Manager” SiteMinder, “Tombol Pemesanan” SiteMinder, “Little Hotelier” SiteMinder, “Prophet” SiteMinder, “Kanvas” SiteMinder dan “GDS oleh SiteMinder”. Masing-masing produk tersebut diuraikan secara lebih khusus pada Lampiran Produk terkait.

Lampiran Produk berarti lampiran yang menggambarkan spesifikasi dan fungsionalitas dari setiap Produk SiteMinder, sebagaimana yang diperbarui dari waktu ke waktu, yang tersedia di Situs Web.

Badan Hukum Terkait dalam kaitannya dengan entitas mana pun, berarti sebuah perusahaan yang Mengontrol entitas tersebut, sebuah perusahaan yang berada di bawah Kontrol entitas tersebut, atau Dikontrol oleh perusahaan sama yang Mengontrol entitas tersebut.

Lampiran berarti lampiran pada halaman 1 Perjanjian ini.

Layanan berarti penyediaan satu Produk atau lebih dan bisa juga mencakup mana pun dari yang berikut ini:

  1. layanan instalasi, integrasi, pemeliharaan, bantuan atau pencadangan;
  2. setiap dokumentasi dan situs web terkait (termasuk kode sumber dan basis data);
  3. sistem dan dukungan meja bantuan (help desk);
  4. aplikasi dan antarmuka konektivitas lain;
  5. konversi atau adaptasi data dan informasi di sistem Pelanggan atau Pengguna Akhir;
  6. pemuatan dan/atau penyiapan salinan konten perangkat lunak, data, teks, gambar, suara, video, dan konten lain yang disediakan oleh SiteMinder atau diunggah oleh SiteMinder.

Infrastruktur SiteMinder means any property or equipment (including computer hardware and software, electronic interfaces, platforms, databases, text, images, sounds, videos and other content) owned or used by SiteMinder which enable the Customer to access or use the Products.

Perangkat Lunak SiteMinder berarti semua perangkat lunak di Produk dan/atau Infrastruktur SiteMinder.

Kegagalan Pemasok berarti kegagalan peralatan, produk atau layanan yang disediakan pihak ketiga bagi SiteMinder yang diminta oleh SiteMinder untuk melaksanakan kewajibannya berdasarkan Perjanjian ini.

Jangka Waktu dalam kaitannya dengan Perjanjian ini berarti jangka waktu yang ditentukan di Butir 5 pada Lampiran.

Biaya Pengakhiran dihitung sebagai berikut:

  1. Untuk perjanjian 3 tahun:
    1. Jika Perjanjian diakhiri pada tahun pertama = Pengeluaran Bulanan Minimum dikalikan dengan (jumlah bulan yang tersisa secara keseluruhan pada tahun pertama dari Jangka Waktu perjanjian + 9);
    2. ika Perjanjian diakhiri pada tahun kedua = Pengeluaran Bulanan Minimum dikalikan dengan (jumlah bulan secara keseluruhan yang tersisa pada tahun kedua + 6);
    3. Jika Perjanjian diakhiri pada tahun ketiga, Pengeluaran Bulanan Minimum dikalikan dengan jumlah bulan secara keseluruhan yang tersisa pada tahun ketiga.
  2. Untuk perjanjian 2 tahun:
    1. Jika Perjanjian diakhiri pada tahun pertama = Pengeluaran Bulanan Minimum dikalikan dengan (jumlah bulan yang tersisa secara keseluruhan pada tahun pertama dari Jangka Waktu perjanjian + 6);
    2. Jika Perjanjian diakhiri pada tahun kedua = Pengeluaran Bulanan Minimum dikalikan dengan jumlah bulan secara keseluruhan yang tersisa pada tahun kedua;
  3. Untuk perjanjian 1 tahun:
    1. Pengeluaran Bulanan Minimum dikalikan dengan jumlah bulan secara keseluruhan yang tersisa pada tahun itu;

EULA Pihak Ketiga dalam kaitannya dengan Perangkat Lunak Pihak Ketiga berarti ketentuan lisensi yang harus dipatuhi Pelanggan ketika menggunakan Perangkat Lunak Pihak Ketiga tersebut.

Perangkat Lunak Pihak Ketiga berarti setiap perangkat lunak yang dimiliki pihak ketiga yang digunakan atau disediakan SiteMinder bagi Pelanggan dalam kaitannya dengan penyediaan Produk atau Layanan.

Pemilik Perangkat Lunak Pihak Ketiga

berarti pemilik Perangkat Lunak Pihak Ketiga.

Periode Percobaan

berarti periode yang ditentukan pada Butir 2 yang dimulai pada tanggal SiteMinder memberi tahu Pelanggan, di mana selama periode tersebut Pelanggan dapat menguji coba suatu Produk secara gratis.

Situs Web berarti www.siteminder.com/legal.

1.2 Penafsiran

Judul dimaksudkan untuk kenyamanan saja dan tidak memengaruhi penafsiran. Aturan penafsiran berikut ini berlaku kecuali ditentukan lain oleh konteksnya:

  1. bentuk tunggal (singular) mencakup jamak (plural) dan sebaliknya;
  2. gender mencakup semua gender;
    suatu rujukan ke orang mencakup badan hukum, entitas tidak berbadan hukum, perusahaan, firma, perwalian (trust), usaha patungan, sindikat atau entitas lain dan sebaliknya;
  3. rujukan ke pasal atau lampiran adalah ke pasal atau lampiran perjanjian ini;
  4. rujukan ke pihak mana pun dalam perjanjian ini atau dalam perjanjian atau dokumen lain mana pun mencakup penerus dan penerima pengalihan hak yang diizinkan dari pihak tersebut;
  5. rujukan ke legislasi mana pun atau ke ketentuan legislasi mana pun mencakup perubahan, konsolidasi atau penggantiannya, serta semua regulasi dan instrumen menurut undang-undang yang dikeluarkan berdasarkannya;
  6. rujukan untuk melakukan tindakan mencakup, tapi tidak terbatas pada, setiap penghilangan, pernyataan atau urusan bisnis, baik secara tertulis maupun tidak secara tertulis;
  7. rujukan ke suatu pihak adalah pihak terhadap perjanjian ini atau siapa pun yang melaksanakan akta pengalihan terhadap perjanjian ini;
  8. terms defined in the Corporations Act have the same meaning in this agreement, unless the context expresses otherwise;
  9. Jika pembayaran oleh suatu pihak berdasarkan perjanjian ini jatuh tempo pada hari yang adalah bukan Hari Kerja, maka tanggal jatuh temponya akan bergeser ke Hari Kerja berikutnya pada bulan kalender yang sama atau, jika tidak ada, Hari Kerja terdahulu; dan
  10. jika suatu kewajiban harus dilakukan oleh 2 orang atau lebih, maka hal tersebut akan mengikat mereka secara bersama-sama dan secara perorangan.

2. Jangka waktu dan penerapan perjanjian

2.1 Jangka waktu

Perjanjian mulai berlaku pada tanggal eksekusi terakhir
dan berlanjut selama Jangka Waktu perjanjian tersebut, kecuali diakhiri lebih awal sesuai dengan pasal 13.

2.2 Perpanjangan otomatis

Pada akhir Jangka Waktu awal perjanjian, kecuali Pelanggan telah memberi tahu SiteMinder secara tertulis minimal 2 bulan sebelum Jangka Waktu perjanjian tersebut berakhir bahwa Pelanggan tidak ingin memperpanjang Jangka Waktu perjanjian, maka Jangka Waktu perjanjian itu akan diperpanjang secara otomatis pada akhir Jangka Waktu perjanjian (Jangka Waktu Perpanjangan Perjanjian). Dengan perpanjangan, Jangka Waktu Perpanjangan akan menjadi Jangka Waktu perjanjian. Pasal ini berlaku sama untuk setiap Jangka Waktu Perpanjangan perjanjian sebagaimana pasal ini berlaku untuk Jangka Waktu awal perjanjian.

2.3 Pengakhiran

Selain dari pengakhiran sesuai dengan pasal 2.2, Perjanjian ini akan terus berlaku sepanjang SiteMinder tetap menyediakan satu Produk atau Layanan atau lebih kepada Pelanggan, atau diakhiri sesuai dengan pasal 13.

3. Penyediaan Layanan

3.1 Akses dan penggunaan Produk dan Layanan

SiteMinder memberi Pelanggan akses ke Infrastruktur SiteMinder dan ke penggunaan Produk sebagaimana yang ditentukan di Formulir Pesanan Penjualan, yang tunduk pada syarat dan ketentuan ini, selama Jangka Waktu perjanjian.

3.2 Penggunaan Produk dan Layanan

Akses ke Infrastruktur SiteMinder dan ke penggunaan Produk sebagaimana yang ditentukan pada pasal 3.1 diberikan namun tunduk pada ketentuan berikut ini:

  1. Produk, Perangkat Lunak SiteMinder dan Infrastruktur SiteMinder adalah digunakan semata-mata dan khusus oleh Pelanggan dan hanya dapat digunakan sebagaimana diizinkan berdasarkan Perjanjian ini;
  2. Produk tidak boleh digunakan untuk menyediakan, secara keseluruhan atau sebagian, layanan atau fungsionalitas apa pun yang berkompetisi dengan Produk atau bisnis SiteMinder;
  3. Pelanggan tidak boleh mereproduksi ulang atau menyalin Perangkat Lunak SiteMinder secara keseluruhan atau sebagian kecuali untuk keperluan pencadangan dan pengarsipan;
  4. Pelanggan tidak boleh menggunakan Produk SiteMinder atau Infrastruktur SiteMinder untuk keperluan apa pun selain dari keperluan yang menjadi alasan penyediaannya berdasarkan Perjanjian ini, termasuk (tapi tidak terbatas pada):
    1. untuk keperluan yang tidak patut atau tidak sesuai dengan hukum;
    2. untuk membuat demi keperluan, atau dengan cara yang, mengirimkan, menerbitkan atau mengomunikasikan materi yang memfitnah, kasar, menghina, tidak senonoh, diskriminatif, mengancam, tak dikehendaki, melanggar kepercayaan, ilegal atau yang memberi nama buruk bagi SiteMinder atau agen SiteMinder mana pun;
    3. dengan cara apa pun yang merusak atau mengganggu Infrastruktur SiteMinder atau penyediaan Layanan ke pelanggan SiteMinder lain;
    4. untuk menampung informasi yang mengandung virus atau kode atau data berbahaya lain yang dirancang untuk mengganggu, merusak, menghancurkan atau membatasi fungsionalitas perangkat lunak, perangkat keras atau peralatan apa pun; atau
    5. untuk keperluan pembuatan tolok ukur (benchmarking) atau keperluan kompetitif atau untuk mengembangkan produk serupa atau kompetitif.
  5. Dalam hal SiteMinder menyediakan akses ke Perangkat Lunak Pihak Ketiga, Pelanggan harus mematuhi ketentuan EULA Pihak Ketiga apa pun atau ketentuan lainnya yang diberlakukan oleh Pemilik Perangkat Lunak Pihak Ketiga.

3.3 Jaminan Layanan

SiteMinder menyatakan dan menjamin bahwa:

  1. layanan akan disediakan dan didukung oleh personel berkualifikasi dan terlatih secara tepat yang bertindak dengan keterampilan, perhatian dan ketekunan yang semestinya;
  2. SiteMinder memiliki dan telah memenuhi seluruh izin, lisensi dan otorisasi pemerintah lainnya yang diperlukan untuk menjalankan, melaksanakan dan melanjutkan operasi dan bisnisnya dan SiteMinder memiliki, mengontrol atau telah mendapatkan setiap dan semua hak, lisensi, izin dan pembebasan yang diperlukan dan diharuskan untuk menyediakan Layanan tersebut;
  3. setiap Produk sesuai dengan Lampiran Produk yang relevan.

3.4 Kepatuhan PCI DSS

SiteMinder menjamin kepatuhannya terhadap PCI DSS dan harus tetap mematuhinya selama jangka waktu Perjanjian ini. SiteMinder harus menyimpan, memproses dan mengirimkan semua data pemegang kartu sesuai dengan PCI DSS.

3.5 Tidak ada rekayasa balik

Pelanggan tidak boleh, dan harus memastikan bahwa setiap Pengguna Pelanggan, Pengguna Akhir atau pihak ketiga lain yang telah diberi akses oleh Pelanggan tidak mengubah, merekayasa balik, mendekompilasi, membuat karya lain dari, atau membongkar program perangkat lunak apa pun yang terdapat pada Perangkat Lunak SiteMinder atau Perangkat Lunak Pihak Ketiga.

3.6 Penangguhan atau pengakhiran karena pelanggaran

SiteMinder dapat menangguhkan atau mengakhiri akses ke Produk atau Layanan mana pun dalam hal terjadi, atau dicurigai terjadi, pelanggaran apa pun terhadap pasal 3 ini.

3.7 Nama pengguna dan kata sandi

SiteMinder akan mengeluarkan nama pengguna dan kata sandi bagi Pelanggan untuk mengakses Produk yang dapat dipakai. Pelanggan tidak boleh mengungkapkan nama pengguna dan kata sandi kepada siapa pun (selain dari Pengguna Pelanggan) tanpa otorisasi tegas dari SiteMinder.

3.8 Keamanan Nama Pengguna

Pelanggan harus menjaga keamanan secara memadai untuk memastikan bahwa tidak ada orang yang tanpa otorisasi mendapatkan akses ke nama pengguna dan kata sandinya. Pelanggan akan bertanggung jawab sendiri atas semua data yang diinput ke Infrastruktur SiteMinder oleh siapa pun yang menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang diberikan kepada Pelanggan (baik diberi otorisasi maupun tidak). SiteMinder secara tegas menafikan tanggung jawab apa pun sehubungan dengan kerugian atau kerusakan apa pun yang dialami atau disebabkan oleh Pelanggan sebagai akibat dari kesalahan data yang diinput ke dalam Infrastruktur SiteMinder atau penggunaan Produk oleh siapa pun yang menggunakan nama pengguna dan kata sandi Pelanggan serta menjamin penggantian kerugian SiteMinder sehubungan dengan segala pertanggungjawaban kerugian yang disebabkan oleh SiteMinder sehubungan dengan setiap penggunaan atau akses yang tidak terotorisasi.

4. Biaya dan Pembayaran

4.1 Periode Percobaan dan permulaan penagihan

  1. SiteMinder harus memberi tahu Pelanggan ketika Periode Percobaan sudah dimulai.
  2. Pelanggan berhak menggunakan Produk relevan selama Periode Percobaan secara gratis.
  3. Jika Pelanggan tidak mau melanjutkan penggunaan Layanan setelah Periode Percobaan berakhir, Pelanggan harus mengakhiri perjanjian ini melalui pemberitahuan tertulis kepada SiteMinder selama Periode Percobaan.
  4. Jika Pelanggan tidak mengakhiri Layanan secara tertulis, SiteMinder akan mulai membebankan biaya untuk Layanan yang didapatkan oleh Pelanggan terhitung dari hari setelah hari terakhir Periode Percobaan (Tanggal Mulai Penagihan) dan Pelanggan menyetujui untuk membayar Produk dan Layanan yang disediakan sejak Tanggal Mulai Penagihan.

4.2 Pengeluaran Bulanan Minimum

  1. Pelanggan mengakui bahwa Pelanggan telah diberi harga diskon dengan pertimbangan (di antaranya) karena telah menjamin pengeluaran minimum per bulan selama jangka waktu Perjanjian.
  2. Jika Pelanggan gagal melakukan Pengeluaran Bulanan Minimum selama tiga bulan dalam periode 12 bulan yang sudah berjalan, SiteMinder dapat mengakhiri Perjanjian dan membebani Pelanggan dengan Biaya Pengakhiran.

4.3 Kenaikan Biaya

Kecuali disetujui lain antara para pihak, Biaya yang harus dibayar akan mengalami kenaikan sebesar 5% untuk setiap perpanjangan otomatis Jangka Waktu perjanjian berdasarkan pasal 2.1.

4.4 Penerbitan faktur dan pembayaran

SiteMinder harus menerbitkan faktur bagi Pelanggan setiap bulan di muka untuk Biaya yang harus dibayar berdasarkan Perjanjian ini sehubungan dengan Layanan yang akan disediakan pada bulan itu. Pelanggan harus membayar Biaya yang sudah diterbitkan Fakturnya dalam waktu 7 hari sejak tanggal faktur dengan dana nyata dan tanpa perjumpaan utang (set-off), klaim kembali atau pemotongan dalam bentuk apa pun, termasuk sehubungan dengan pajak, pungutan, impor, bea, biaya-biaya (termasuk biaya bank perantara) atau ongkos.

4.5 Faktur yang diperselisihkan

  1. Jika Pelanggan memperselisihkan bagian mana pun dari faktur yang dikirimkan oleh SiteMinder, Pelanggan harus memberi tahu SiteMinder secara tertulis dalam waktu 7 hari setelah penerimaan faktur mengenai alasan memperselisihkan faktur tersebut dan membayar jumlah yang tidak diperselisihkan pada atau sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran. Jika Pelanggan tidak memberi tahu SiteMinder dalam waktu 7 hari setelah diterimanya faktur, Pelanggan dianggap telah menerima keakuratan faktur tersebut.
  2. Para pihak harus berusaha untuk menyelesaikan masalah jumlah yang diperselisihkan dalam waktu 10 hari sejak pemberitahuan diberikan oleh Pelanggan. Jika para pihak tidak berhasil menyelesaikan perselisihan tersebut dalam waktu 10 hari sejak tanggal pemberitahuan secara tertulis oleh Pelanggan, prosedur penyelesaian perselisihan yang tertuang dalam pasal 18 akan berlaku.

4.6 Penangguhan karena ketiadaan pembayaran

SiteMinder dapat melakukan penangguhan untuk akun yang sudah lewat jatuh tempo tanpa pemberitahuan kepada Pelanggan. Biaya pemulihan sebesar $300 akan dikenakan untuk mengaktifkan kembali setiap akun yang telah ditangguhkan begitu pembayaran penuh telah diterima.

4.7 GST

  1. Semua harga yang diberikan untuk persediaan yang diadakan/atau akan diadakan berdasarkan Perjanjian ini tidak termasuk Pajak Barang dan Jasa (GST), kecuali jika dinyatakan sebaliknya secara tertulis.
  2. Jika GST berlaku untuk setiap persediaan yang diadakan SiteMinder berdasarkan Perjanjian ini, SiteMinder dapat menambahkan biaya tambahan lain untuk GST yang berlaku ke jumlah yang harus dibayar.
  3. Pelanggan setuju untuk membayar biaya GST tersebut kepada SiteMinder dengan cara yang sama dan dalam waktu yang bersamaan sebagaimana pembayaran untuk persediaan terkait.
  4. SiteMinder akan mengeluarkan faktur pajak ke Pelanggan untuk keperluan GST.
  5. Jika diwajibkan oleh hukum yang berlaku, SiteMinder akan memberikan kepada Pelanggan sebuah catatan penyesuaian yang timbul akibat peristiwa penyesuaian yang terkait dengan penyediaan kena pajak yang diadakan menurut, atau sehubungan dengan, Perjanjian ini dalam waktu 30 hari setelah tanggal SiteMinder mengetahui tentang peristiwa penyesuaian tersebut.

5. Kewajiban Pelanggan

5.1 Penggunaan Produk

Pelanggan harus:

  1. memelihara infrastruktur yang diperlukan untuk mendukung penyediaan Layanan;
  2. mematuhi setiap prosedur operasional dan memenuhi setiap spesifikasi teknis yang ditentukan dalam setiap Lampiran Produk, atau dokumentasi yang disediakan oleh SiteMinder, atau petunjuk wajar lain yang diberikan oleh SiteMinder dari waktu ke waktu sehubungan dengan Produk;
  3. mematuhi setiap hukum yang berlaku dan ketentuan atau instruksi dari Badan Pemerintah;
  4. menyediakan bagi SiteMinder semua informasi, bantuan dan kerja sama yang diminta secara wajar oleh SiteMinder guna memungkinkan SiteMinder memenuhi kewajibannya berdasarkan Perjanjian ini;
  5. tidak melakukan, atau melalaikan apa pun, yang disadari atau sewajarnya disadari oleh Pelanggan, dapat berdampak negatif terhadap operasi atau pemeliharaan Produk atau Infrastruktur SiteMinder;
  6. menyediakan bagi SiteMinder dan kontraktor, agen serta karyawannya akses yang cepat ke Aplikasi Perangkat Lunak Pelanggan dan ke personel, peralatan, data dan informasi Pelanggan sebagaimana yang diperlukan secara wajar untuk keperluan memberikan Layanan.

5.2 Konten Situs

Pelanggan bertanggung jawab sendiri atas semua data yang diunggah ke Infrastruktur SiteMinder dan harus memastikan bahwa semua informasi dan konten yang disediakan adalah akurat dan mutakhir. SiteMinder secara tegas menafikan tanggung jawab apa pun yang timbul sebagai akibat dari penerbitan informasi apa pun yang tidak akurat, memfitnah, salah atau menyesatkan dan Pelanggan menjamin penggantian kerugian SiteMinder sehubungan dengan setiap kerugian, biaya, kerusakan atau pertanggungjawaban lain yang timbul sebagai akibat dari pencantuman atau ketersediaan data tersebut di dalam Produk.

6. Pemeliharaan dan Penangguhan

6.1 Pemeliharaan

  1. SiteMinder atau Pemilik Perangkat Lunak Pihak Ketiga dapat melakukan pemeliharaan terjadwal atau tak terjadwal untuk melakukan pembaruan sehubungan dengan Infrastruktur SiteMinder, Produk atau Perangkat Lunak Pihak Ketiga dari waktu ke waktu.
  2. SiteMinder akan menggunakan upaya wajarnya dalam menyampaikan pemberitahuan kepada Pelanggan untuk melaksanakan setiap pemeliharaan terjadwal dan akan melakukan upaya yang wajar untuk melakukan semua pemeliharaan terjadwal pada saat-saat yang mungkin meminimalkan gangguan terhadap Pelanggan. Jika SiteMinder diharuskan melakukan pemeliharaan tak terjadwal atau urgen, maka SiteMinder akan melakukan upaya yang wajar untuk memberikan pemberitahuan sebelumnya kepada Pelanggan. Namun begitu, Pelanggan menerima bahwa pemberitahuan terdahulu demikian mungkin tidak selalu bisa dilakukan.

6.2 Penangguhan oleh SiteMinderr

SiteMinder dapat, atas pemberitahuan yang wajar, tanpa kewajiban dan langsung berlaku efektif, menangguhkan suatu Layanan sepanjang dianggap oleh SiteMinder, yang bertindak secara wajar, diperlukan untuk mematuhi setiap hukum, melindungi individu, atau peralatan, atau memungkinkan orang yang memiliki otorisasi untuk menangani kondisi kedaruratan apa pun.

7. Dukungan

7.1 Dukungan

Tim Dukungan SiteMinder akan langsung menangani fungsi dukungan tersentralisasi Pelanggan menyangkut perubahan konfigurasi dasar bagi penyedia akomodasi atau dengan cara lain akan menyediakan dukungan bagi pertanyaan dasar selama jam kerja lokal.

7.2 Pemetaan Ruang bagi Channel Manager

Pelanggan harus melakukan pemetaan seluruh ruang melalui antarmuka Channel Manager bagi seluruh saluran yang diaktifkan untuk pemetaan ruang dinamis. SiteMinder harus melakukan aktivasi untuk semua saluran baru dan pemetaan ruang bagi saluran yang tidak diaktifkan untuk pemetaan ruang dinamis.

8. Pelaporan dan pemulihan kekurangan

8.1 Pelaporan kekurangan

  1. Pelanggan harus melaporkan setiap Kekurangan sehubungan dengan Layanan ke pusat operasi jaringan SiteMinder sesegera mungkin setelah Pelanggan mengetahui tentang kekurangan tersebut.
  2. Sebelum melaporkan tentang Kekurangan, Pelanggan harus mengambil semua langkah wajar untuk memastikan bahwa Kekurangan tersebut adalah pada Layanan dan bukan disebabkan oleh Aplikasi Perangkat Lunak Pelanggan apa pun atau konten atau peralatan Pelanggan apa pun.
  3. SiteMinder tidak bertanggung jawab untuk memperbaiki Kekurangan bila Kekurangan tersebut timbul atau disebabkan oleh Pemilik Perangkat Lunak Pihak Ketiga atau Perangkat Lunak Pihak Ketiga yang berada di luar kontrol wajar SiteMinder, dan SiteMinder akan meminta agar Pemilik Perangkat Lunak Pihak Ketiga memperbaiki Kekurangan tersebut, atau bila Kekurangan tersebut terdapat pada PMS atau Situs Pemesanan Pelanggan.
  4. Pelanggan bertanggung jawab untuk memperbaiki kekurangan terkait dengan peralatan, konten atau Aplikasi Perangkat Lunak Pelanggan apa pun.

8.2 Biaya untuk pemulihan

Pelanggan bertanggung jawab atas semua biaya yang ditanggung SiteMinder dalam memulihkan Layanan ketika timbul Kekurangan sebagai akibat dari:

  1. setiap kekurangan pada peralatan, perangkat lunak apa pun atau unit jaringan apa pun, yang bukan merupakan bagian dari Infrastruktur SiteMinder;
  2. cacat pada konten, peralatan atau Aplikasi Perangkat Lunak Pelanggan;
  3. setiap cacat pada PMS atau Sistem Situs Pemesanan Pelanggan; atau
  4. setiap tindakan atau tidak dilaksanakannya tindakan oleh Pelanggan atau Pengguna Pelanggan.

9. Personal Information and Privacy

9.1 Informasi Pribadi

Dalam hal Informasi Pribadi dikumpulkan, digunakan, ditangani, diproses dan/atau ditransfer berdasarkan Perjanjian ini, setiap pihak harus:

  1. mematuhi Ketentuan Perlindungan Data yang berlaku; dan
  2. mendapatkan semua hak dan persetujuan yang diperlukan untuk mematuhi Ketentuan Perlindungan Data yang berlaku dan hanya menggunakan atau mengungkapkan Informasi Pribadi yang diperoleh selama melaksanakan Perjanjian ini untuk keperluan Perjanjian ini;
  3. tidak memproses atau mentransfer Informasi Pribadi di luar yurisdiksi relevan kepada pihak ketiga mana pun tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari pihak lain.

9.2 Penggunaan dan Pengungkapan Informasi Pribadi

Pelanggan menyetujui pengumpulan, penggunaan dan penyimpanan Informasi Pribadi Pelanggan, Pengguna Pelanggan dan Tamu:

  1. untuk keperluan terkait penyediaan Layanan ke Pelanggan, termasuk:
    1. manajemen penagihan dan akun;
    2. pengembangan produk dan layanan;
    3. pengelolaan hubungan Pelanggan dengan SiteMinder;
    4. pemasaran layanan SiteMinder ke Pelanggan;
    5. pentransferan data ke dan dari Situs-situs Pemesanan;
  2. dan untuk pengungkapan Informasi Pribadi Pelanggan, Pengguna Pelanggan dan Tamu:
    1. untuk Badan Pemerintah yang membantu dalam investigasi kejahatan atau penegakan hukum apa pun;
    2. ke pihak ketiga mana pun sebagaimana yang diwajibkan oleh hukum; dan
    3. ke Situs Pemesanan atau pemasok SiteMinder lain; dan
  3. atau, dan dalam tiap kasus, sesuai dengan kebijakan privasi SiteMinder, yang tersedia di Situs Web

9.3 Kebijakan Privasi

SiteMinder harus senantiasa mematuhi Kebijakan Privasinya, yang tersedia di Situs Web.

10. Kerahasiaan

10.1 Kewajiban Kerahasiaan

Setiap pihak (Penerima) yang menerima Informasi Rahasia dari pihak lain (Pihak Pengungkap) berdasarkan Perjanjian ini mengakui bahwa semua Informasi Rahasia yang disediakan kepadanya atau terpapar kepadanya adalah bersifat rahasia bagi Pihak Pengungkap.

10.2 Kerugian yang dialami

Penerima mengakui dan menyetujui bahwa Informasi Rahasia tersebut adalah, berdasarkan sifat khususnya, properti berharga dari Pihak Pengungkap dan bahwa Pihak Pengungkap dapat mengalami kerusakan atau kerugian oleh pengungkapan apa pun atas Informasi Rahasia tersebut oleh Penerima.

10.3 Larangan Pengungkapan

Penerima harus:

  1. memperlakukan semua Informasi Rahasia sebagai sesuatu yang rahasia dan tidak memublikasikan atau mengungkapkan Informasi Rahasia tersebut kepada individu lain mana pun kecuali Penerima sebelumnya telah mendapatkan persetujuan tertulis dari Pihak Pengungkap untuk melakukan hal tersebut;
  2. mencegah pihak ketiga agar tidak mendapatkan akses ke Informasi Rahasia; dan
  3. mengirimkan dan menyerahkan semua arsip Informasi Rahasia yang dimilikinya kepada Pihak Pengungkap sesuai permintaan.

10.4 Pengungkapan yang Diwajibkan

Penerima dapat mengungkapkan Informasi Rahasia jika diharuskan untuk melakukan hal tersebut oleh suatu Badan Pemerintah atau oleh hukum atau perintah pengadilan apa pun, atau oleh aturan bursa efek apa pun setelah sebelumnya menyampaikan pemberitahuan kepada Pihak Pengungkap dan setelah mengambil semua langkah-langkah praktis untuk bekerja sama dengan Pihak Pengungkap guna mencegah pengungkapan sejauh yang diperbolehkan oleh hukum.

10.5 Pengungkapan yang Diizinkan

Setiap pihak dapat mengungkapkan Informasi Rahasia kepada siapa pun dari karyawan, kontraktor, atau penasihatnya untuk hal-hal yang perlu diketahui sepanjang setiap penerima tersebut terikat dengan kewajiban kepercayaan yang pada pokoknya adalah sama seperti yang terkandung dalam Perjanjian ini.

10.6 Rujukan ke Pelanggan

SiteMinder dapat menyatakan bahwa Pelanggan adalah pelanggan SiteMinder dan menggunakan logo Pelanggan (sesuai dengan panduan wajar Pelanggan yang disediakan oleh Pelanggan bagi SiteMinder) di dalam materi siaran pers, pemasaran, penjualan, atau pelaporan bursa efek apa pun. Setiap rujukan lain kepada Pelanggan yang dilakukan oleh SiteMinder memerlukan persetujuan tertulis sebelumnya dari Pelanggan.

11. Hak Kekayaan Intelektual

11.1 Kepemilikan Hak Kekayaan Intelektual

  1. Semua Hak Kekayaan Intelektual yang dimiliki oleh setiap pihak sesuai tanggal yang tertera pada Perjanjian ini akan selalu tetap dalam kepemilikan eksklusif pihak tersebut dan tidak ada ketentuan apa pun dalam Perjanjian ini yang dapat ditafsirkan memberikan sepenuhnya Kekayaan Intelektual tersebut dari satu pihak kepada pihak lain.
  2. Kecuali ditentukan secara tegas, tidak ada ketentuan apa pun dalam Perjanjian ini yang memberikan kepada Pelanggan hak, hak milik atau kepentingan, atau lisensi apa pun untuk menggunakan, Hak Kekayaan Intelektual SiteMinder.

11.2 Batasan jaminan

  1. SiteMinder menyediakan Perangkat Lunak dan Layanan SiteMinder “sebagaimana adanya” dan tanpa jaminan atau ketentuan, eksplisit, implisit atau berdasarkan hukum sejauh yang diperbolehkan oleh undang-undang. SiteMinder, perusahaan terkait, pejabat, karyawannya, pelisensinya dan pemasoknya secara khusus menafikan semua jaminan implisit atas hak milik, kelayakan untuk dapat diperjualbelikan, kesesuaian untuk tujuan tertentu dan tidak adanya pelanggaran sejauh yang diperbolehkan oleh hukum.
  2. SiteMinder tidak menjamin akses yang terus-menerus tanpa gangguan ke Perangkat Lunak SiteMinder dan layanan terkait, serta operasi Situs Web dan Perangkat Lunak SiteMinder dapat terganggu oleh berbagai faktor di luar kontrol kami. Pelanggan bertanggung jawab untuk menerapkan proses, sistem dan prosedur keamanan yang tepat untuk melindungi dirinya agar tidak mengunduh virus, cacing, kuda Trojan atau kode lain apa pun yang memiliki sifat mengontaminasi atau merusak. SiteMinder tidak memberi garansi atau menjamin bahwa setiap berkas yang diunduh Pelanggan dari SiteMinder atau yang kami kirimkan akan bebas dari malware.

11.3 Janji pelanggan

Pelanggan mengakui dan menyetujui:

  1. Perangkat Lunak SiteMinder adalah Informasi Rahasia SiteMinder dan Pelanggan tidak boleh menggunakan atau mengungkapkan Informasi Rahasia apa pun tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari SiteMinder;
  2. pelanggan tidak akan mencoba mengalihkan, mentransfer, meminjam-pakaian atau menyewakan Perangkat Lunak SiteMinder ke pihak ketiga mana pun;
  3. pelanggan tidak akan mencoba mengubah atau membuat karya turunan apa pun dari Perangkat Lunak SiteMinder;
  4. pelanggan tidak akan menghapus, mengubah atau mengaburkan pemberitahuan hak cipta, merek dagang atau hak kepemilikan lain apa pun yang terdapat di atau pada Perangkat Lunak SiteMinder;
  5. pelanggan tidak akan melakukan perakitan balik, membongkar, merekayasa balik atau dengan cara lain mencoba mengakses atau mendapatkan kode sumber, ide landasan, algoritma, struktur atau penyusunan Perangkat Lunak SiteMinder; dan
  6. pelanggan akan memberikan jaminan penggantian kerugian dan membebaskan SiteMinder dari semua tuntutan, yang muncul dalam bentuk dan cara apa pun, yang dilakukan oleh pihak ketiga mana pun sebagai akibat dari setiap penggunaan atau transaksi yang tidak patut, tidak sesuai dengan hukum atau tidak terotorisasi oleh Pelanggan atau Pengguna Akhir terkait Perangkat Lunak SiteMinder.

11.4 Lisensi untuk Menggunakan Data Hotel

Pelanggan memberi SiteMinder hak untuk menggunakan Data Hotel guna keperluan komersialnya, dengan ketentuan bahwa data hanya digunakan secara agregat atau dalam suatu cara di mana identitas Pelanggan individual atau properti atau Tamunya tidak bisa langsung diidentifikasi.

12. Perangkat Lunak Pihak Ketiga

12.1 EULA Pihak Ketiga

Dengan menandatangani Perjanjian ini atau dengan mengakses dan menggunakan Perangkat Lunak Pihak Ketiga, Pelanggan mengakui dan menyetujui bahwa Pelanggan telah membaca dan menyetujui untuk diikat oleh ketentuan dari setiap EULA Pihak Ketiga yang mengandung syarat dan ketentuan yang berlaku untuk penggunaan Perangkat Lunak Pihak Ketiga oleh Pelanggan. Pelanggan mengakui dan menyetujui bahwa jika EULA diakhiri, maka SiteMinder dapat mengakhiri Layanan terkait tanpa pemberitahuan.

12.2 Kewajiban Pelanggan

Tanpa membatasi pasal 12.1, Pelanggan mengakui dan menyetujui bahwa:

  1. Pemilik Perangkat Lunak Pihak Ketiga menguasai semua hak, hak milik dan kepentingan (termasuk Hak Kekayaan Intelektual) pada dan untuk semua Perangkat Lunak Pihak Ketiga;
  2. Perangkat Lunak Pihak Ketiga adalah Informasi Rahasia milik Pemilik Perangkat Lunak Pihak Ketiga dan Pelanggan tidak boleh menggunakan atau mengungkapkan Informasi Rahasia apa pun tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari SiteMinder atau Pemilik Perangkat Lunak Pihak Ketiga;
  3. pelanggan tidak akan mencoba mengalihkan, mentransfer, meminjam-pakaian atau menyewakan Perangkat Lunak Pihak Ketiga ke pihak ketiga mana pun;
  4. pelanggan tidak akan mencoba mengubah atau membuat karya turunan apa pun dari Perangkat Lunak Pihak Ketiga;
  5. pelanggan tidak akan menghapus, mengubah atau mengaburkan pemberitahuan hak cipta, merek dagang atau hak kepemilikan lain apa pun yang terdapat di atau pada Perangkat Lunak Pihak Ketiga;
  6. pelanggan tidak akan melakukan perakitan balik, membongkar, merekayasa balik atau dengan cara lain mencoba mendapatkan kode sumber, ide landasan, algoritma, struktur atau penyusunan Perangkat Lunak Pihak Ketiga; dan
  7. pelanggan akan memberikan jaminan penggantian kerugian dan membebaskan SiteMinder dari semua tuntutan, yang muncul dalam bentuk dan cara apa pun, yang dilakukan oleh Pemilik Perangkat Lunak Pihak Ketiga mana pun, sebagai akibat dari:
    1. pelanggaran apa pun terhadap Perjanjian ini atau perjanjian atau lisensi apa pun yang diadakan antara Pelanggan dan Pemilik Perangkat Lunak Pihak Ketiga atau antara Pengguna Akhir dan Pemilik Perangkat Lunak Pihak Ketiga; atau
    2. setiap penggunaan atau transaksi yang tidak patut, tidak sesuai dengan hukum atau tidak terotorisasi oleh Pelanggan atau Pengguna Akhir terkait Perangkat Lunak Pihak Ketiga.

13. Pengakhiran

13.1 Jangka waktu dan pengakhiran

Perjanjian ini akan tetap berlaku selama Jangka Waktu perjanjian kecuali diakhiri lebih awal menurut pasal 13 ini.

13.2 Pengakhiran

Salah satu pihak dapat mengakhiri Perjanjian ini jika:

  1. pihak lain telah melakukan pelanggaran material terhadap Perjanjian ini dan baik:
    1. pelanggaran tersebut tidak diperbaiki dalam waktu 14 hari sejak tanggal pemberitahuan tertulis mengenai pelanggaran tersebut disampaikan kepada pihak yang melanggar; atau
    2. pelanggaran tersebut tidak bisa diperbaiki.
    Untuk tujuan dari pasal 13.2(a) ini, kegagalan membayar untuk jumlah berapa pun pada tanggal jatuh tempo pembayaran merupakan pelanggaran material.
  2. pihak lain mengalami Kejadian Kepailitan
  3. sesuai dengan pasal 14.2, Peristiwa Keadaan Kahar akan terjadi.

13.3 Pengakhiran SiteMinder

SiteMinder dapat mengakhiri Perjanjian ini dengan segera:

  1. jika Pelisensi Pihak Ketiga mengakhiri EULA Pihak Ketiga wajib apa pun sebagai akibat dari pelanggaran oleh Pelanggan;
  2. berdasarkan pasal 3 untuk pelanggaran dengan kondisi apa pun;
  3. berdasarkan pasal 4.2, jika Pelanggan gagal mematuhi kewajiban Pengeluaran Bulanan Minimum.

13.4 Pengakhiran Pelanggan

Pelanggan dapat mengakhiri tanpa penalti berdasarkan pasal 4.1.

13.5 Kegagalan membayar

Di samping hak untuk mengakhiri Perjanjian ini berdasarkan pasal 13.2(a) atau 13.3, jika Pelanggan gagal melakukan pembayaran yang jatuh tempo berdasarkan Perjanjian ini ketika diminta untuk melakukannya, SiteMinder dapat melakukan salah satu atau lebih dari yang berikut ini, alih-alih, atau di samping, mengakhiri Perjanjian:

  1. membebankan bunga pada Pelanggan untuk jumlah yang jatuh tempo dari tanggal jatuh tempo pembayaran hingga tanggal pembayaran sesungguhnya sesuai dengan Suku Bunga;
  2. menangguhkan penyediaan Layanan hingga seluruh jumlah yang jatuh tempo telah dibayarkan (termasuk bunga);
  3. membebankan biaya dan menerbitkan faktur bagi Pelanggan untuk Biaya Pengakhiran berdasarkan pasal 13.6;
  4. menggunakan atau mengungkapkan semua Informasi Pribadi yang dikumpulkan dan dicatat sehubungan dengan Pelanggan kepada pihak ketiga untuk membantu SiteMinder dalam proses pemulihan utang.

13.6 Biaya Pengakhiran

  1. Pelanggan mengakui bahwa SiteMinder menanggung biaya di muka dalam menyediakan Layanan berdasarkan Perjanjian ini, dan bahwa harga diskon akan dikompensasikan atas tarif standar berdasarkan, sebagiannya, pada panjang Jangka Waktu perjanjian. Oleh karena itu, pengakhiran sebelum Jangka Waktu perjanjian berakhir, baik atas keinginan sendiri oleh Pelanggan atau yang timbul sebagai akibat pengakhiran oleh SiteMinder berdasarkan pasal 13.2(a), 13.2(b) atau 13.3, akan menyebabkan SiteMinder menanggung kerugian.
  2. Jika Pelanggan mengakhiri Perjanjian ini sebelum Jangka Waktu perjanjian berakhir, atau SiteMinder melakukan pengakhiran berdasarkan pasal 13.2(a), 13.2(b) atau 13.3, Pelanggan harus membayar kepada SiteMinder sebagai ganti rugi yang nilainya sudah ditetapkan (liquidated damage), dengan jumlah yang setara dengan Biaya Pengakhiran, yang disepakati Pelanggan sebagai taksiran yang wajar untuk kerugian yang ditanggung SiteMinder sebagai akibat dari pengakhiran lebih awal atas Perjanjian tersebut.

13.7 Tindakan untuk pengakhiran

Atas pengakhiran Perjanjian ini:

  1. semua jumlah uang belum dibayar yang terutang oleh setiap pihak akan segera menjadi jatuh tempo dan harus dibayarkan ke pihak lain;
  2. di samping hak lain apa pun yang mungkin dimilikinya, SiteMinder dapat menerbitkan faktur kepada Pelanggan sehubungan dengan Layanan apa pun yang disediakan sebelum tanggal pengakhiran yang belum diterbitkan fakturnya;
  3. Pelanggan harus segera mengembalikan kepada SiteMinder semua Informasi Rahasia SiteMinder, semua kode akses dan kunci dalam berbagai jenis dan materi lain apa pun yang dimiliki Pelanggan yang terkait dengan Produk atau Layanan SiteMinder.

14. Keadaan Kahar

14.1 Tidak ada kewajiban

Dalam hal kegagalan atau penundaan apa pun oleh suatu pihak (Pihak Terdampak) dalam pelaksanaan kewajibannya (tidak termasuk kewajiban pembayaran) berdasarkan Perjanjian ini disebabkan, secara langsung atau tidak langsung, oleh Peristiwa Keadaan Kahar:

  1. Pihak Terdampak harus sesegera mungkin memberikan pemberitahuan tertulis kepada pihak lain mengenai fakta tersebut;
  2. Pihak Terdampak tidak bertanggung jawab atas kegagalan atau penundaan itu; dan
  3. kewajiban Pihak Terdampak berdasarkan Perjanjian ini ditangguhkan, sejauh tingkatan dampak yang mereka alami dalam Peristiwa Keadaan Kahar terkait, selama durasi Peristiwa Keadaan Kahar tersebut.

14.2 Pengakhiran untuk Peristiwa Keadaan Kahar

Jika Peristiwa Keadaan Kahar berlanjut lebih dari 30 hari secara berturut-turut dan saat itu masih berlanjut, salah satu pihak dapat mengakhiri Perjanjian ini dengan memberikan pemberitahuan tertulis kepada pihak yang lain.

15. Batasan kewajiban

15.1 Tidak Ada Kerugian Konsekuensial

Kecuali dinyatakan sebaliknya secara eksplisit dalam Perjanjian ini, tidak ada pihak yang bertanggung jawab terhadap pihak lain atas Kerugian Konsekuensial apa pun yang ditimbulkan sehubungan dengan atau lainnya yang berkenaan dengan Layanan.

15.2 Tidak ada ketentuan implisit

Semua ketentuan, persyaratan atau jaminan yang mungkin tersirat dalam Perjanjian ini akan dikecualikan sejauh yang diperbolehkan oleh hukum.

15.3 Penyediaan Ulang Layanan

Dalam hal legislasi menyiratkan dalam Perjanjian ini ketentuan atau jaminan apa pun, dan legislasi tersebut menghindari atau melarang ketentuan dalam suatu kontrak yang mengecualikan atau mengubah penerapan atau pelaksanaan atau kewajiban berdasarkan ketentuan atau jaminan tersebut, ketentuan atau jaminan tersebut dianggap disertakan. Tanggung jawab SiteMinder atas pelanggaran apa pun terhadap ketentuan atau jaminan tersebut adalah terbatas, atas pilihan SiteMinder, pada salah satu dari yang berikut ini atau lebih:

  1. jika pelanggaran terkait dengan barang:
    1. penggantian barang atau penyediaan barang yang setara;
    2. perbaikan barang tersebut;
    3. pembayaran biaya penggantian barang atau perolehan barang yang setara; atau
    4. pembayaran biaya perbaikan barang; dan
  2. jika pelanggaran terkait dengan layanan:
    1. penyediaan layanan kembali; atau
    2. pembayaran biaya penyediaan layanan kembali.

15.4 Batasan kewajiban

  1. Kewajiban keseluruhan total SiteMinder sehubungan dengan semua tuntutan yang diajukan berdasarkan Perjanjian ini (termasuk sehubungan dengan tuntutan apa pun di luar kontrak atau kelalaian) dibatasi pada total Biaya yang dibayarkan oleh Pelanggan pada 12 bulan terdahulu.
  2. Batasan kewajiban dalam pasal ini tidak berlaku untuk penggantian kerugian pada pasal 16, atau sehubungan dengan kewajiban apa pun yang timbul sebagai akibat dari kematian atau cedera diri individu, atau kerusakan terhadap properti pribadi, yang disebabkan dalam setiap kasusnya oleh SiteMinder atau karyawannya.

16. Penggantian kerugian

16.1 Penggantian kerugian

SiteMinder mengganti kerugian dan akan membebaskan Pelanggan dan Badan Hukum Terkait, direktur, pejabat, karyawan dan agennya dari dan terhadap seluruh kerugian, kerusakan, kewajiban, tuntutan dan pengeluaran yang ditanggung (termasuk tapi tidak terbatas pada biaya legal dan biaya pembelaan atau penyelesaian yang wajar) sebagai akibat dari tuntutan apa pun bahwa Perangkat Lunak SiteMinder, atau penggunaan Perangkat Lunak SiteMinder oleh Pelanggan, melanggar atau diduga melanggar, Hak Kekayaan Intelektual pihak ketiga (Tuntutan Penggantian Kerugian).

16.2 Pemberitahuan

SiteMinder tidak memiliki kewajiban sehubungan dengan Tuntutan Penggantian Kerugian berdasarkan pasal 16.1 kecuali Pelanggan mematuhi ketentuan berikut ini:

  1. sesegera mungkin setelah mengetahui tentang Tuntutan Penggantian Kerugian dan dalam hal apa pun dalam waktu 5 Hari Kerja, Pelanggan harus memberi tahu SiteMinder secara tertulis, dengan memberikan rincian tentang Tuntutan Penggantian Kerugian tersebut;
  2. Pelanggan tidak boleh membuat pengakuan tanggung jawab;
  3. Pelanggan secara mutlak harus menyerahkan kepada SiteMinder hak untuk membela atau melakukan kompromi atas setiap tuntutan, dengan bertindak atas pertimbangannya sendiri sepenuhnya.

17. Sengketa

17.1 Penyelesaian sengketa sebelum litigasi

Para pihak harus melaksanakan ketentuan-ketentuan berikut ini sebelum memulai proses hukum apa pun di pengadilan.

  1. Ketika muncul suatu sengketa, pihak yang bersengketa harus memberikan pemberitahuan secara tertulis kepada pihak lain dengan mengemukakan rincian wajar tentang sifat dari sengketa tersebut.
  2. Para pihak harus berupaya selayaknya dan bertindak dengan itikad baik untuk menyelesaikan sengketa yang diberitahukan berdasarkan pasal (a) melalui negosiasi antara manajer senior dari masing-masing pihak.
  3. Jika manajer senior dari para pihak belum berhasil menyelesaikan sengketa apa pun dalam waktu 20 Hari Kerja setelah pemberitahuan tentang sengketa tersebut, maka sengketa tersebut harus dieskalasi kepada CEO atau yang jabatannya setara dari masing-masing pihak untuk penyelesaiannya.
  4. Jika CEO atau yang jabatannya setara dari masing-masing pihak gagal menyelesaikan sengketa tersebut dalam waktu 20 Hari Kerja sejak pemberitahuan tentang sengketa tersebut, salah satu pihak dapat mengambil tindakan tambahan yang dianggapnya perlu untuk menyelesaikan sengketa tersebut, termasuk dengan memulai proses hukum.

17.2 Putusan sementara

Tidak ada ketentuan pada pasal 17 ini yang mencegah pihak mana pun untuk mengupayakan putusan sementara urgen dari pengadilan pada saat kapan pun.

18. Ketentuan Penyediaan Ulang Tambahan

18.1 Penyediaan Ulang

Pasal 18 ini berlaku hanya bagi Pelanggan yang menyediakan ulang Produk atau Layanan.

18.2 Pengguna Akhir

  1. Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna memiliki pengalaman, kapasitas dan sumber daya untuk melaksanakan kewajibannya berdasarkan Perjanjian ini, termasuk menyediakan dukungan yang diperlukan bagi Pengguna Akhir dengan tingkat profesionalisme yang tinggi dan secara tepat waktu dan efisien.
  2. Pelanggan harus:
    1. hanya menggunakan Produk untuk penggunaan bisnis internalnya sendiri atau untuk menyediakan layanan bagi Pengguna Akhir dengan menggunakan seluruh atau sebagian dari Layanan dan tidak mencampurkan atau menggabungkan layanan atau produk lain apa pun dengan Produk ini;
    2. memastikan bahwa Pelanggan telah mendapatkan persetujuan dari Pengguna Akhir:
      1. untuk mengungkapkan Rincian Pengguna Akhir kepada SiteMinder dan pemasok relevan mana pun; dan
      2. agar SiteMinder dan pemasok relevan mana pun dapat menggunakan Rincian Pengguna Akhir sejauh yang diperlukan atau diinginkan sehubungan dengan penyediaan Produk;
    3. menyediakan dan mengelola semua layanan yang disediakan bagi Pengguna Akhir, termasuk penagihan dan pembayaran;
    4. secara khusus mengelola hubungan antara Pelanggan dan Pengguna Akhir termasuk (tapi tidak terbatas pada) pada penyediaan dukungan teknis bagi Pengguna Akhir tanpa melibatkan SiteMinder, dan secara tegas memastikan bahwa Pengguna Akhir tidak menghubungi SiteMinder;
    5. memelihara fasilitas; dan staf yang memadai jumlahnya untuk memberikan layanan dukungan bagi Pengguna Akhir segera memberi tahu SiteMinder mengenai cacat apa pun pada Produk mana pun yang diketahuinya;
    6. mematuhi dan mengambil langkah-langkah selayaknya untuk memastikan bahwa semua personelnya senantiasa mematuhi pedoman operasi apa pun yang berlaku saat ini yang dikeluarkan oleh SiteMinder dan petunjuk wajar lain apa pun yang diberikan oleh SiteMinder dari waktu ke waktu sehubungan dengan promosi, penjualan dan penggunaan Produk;
    7. tidak boleh:
      1. menjatuhkan reputasi atau citra merek SiteMinder; atau
      2. mengganggu integritas atau keamanan Infrastruktur SiteMinder atau Perangkat Lunak SiteMinder.

18.3 Pernyataan Pelanggan

Pelanggan:

  1. tidak boleh membuat pernyataan apa pun atau memberikan jaminan apa pun sehubungan dengan Layanan apa pun yang tidak sesuai dengan materi tertulis yang disediakan oleh SiteMinder untuk keperluan selain dari yang dengan tegas diizinkan secara tertulis oleh SiteMinder;
  2. menyatakan bahwa penyediaan Layanan bagi Pelanggan berdasarkan Perjanjian ini tidak bersifat eksklusif.

18.4 Kewajiban Pengguna Akhir

  1. Pelanggan bertanggung jawab sendiri atas sengketa apa pun yang diangkat oleh Pengguna Akhir mana pun sehubungan dengan penyediaan setiap Produk atau Layanan oleh Pelanggan bagi Pengguna Akhir tersebut, termasuk dalam hubungannya dengan pelanggaran tingkat layanan. Selain dari yang ditentukan secara tegas dalam Perjanjian ini, SiteMinder menafikan semua kewajiban yang mungkin timbul baik pada sisi Pelanggan maupun pada sisi Pengguna Akhir sebagai akibat dari penggunaan Produk atau Layanan oleh Pengguna Akhir atau tuntutan terkait atau tambahan apa pun.
  2. Pelanggan menjamin penggantian kerugian SiteMinder sehubungan dengan semua kerugian, kerusakan, kewajiban, tuntutan dan pengeluaran yang ditanggung (termasuk tapi tidak terbatas pada biaya legal dan biaya pembelaan atau penyelesaian yang wajar) sebagai akibat dari tuntutan atau permintaan apa pun oleh individu mana pun yang terkait dengan penyediaan ulang Layanan bagi Pengguna Akhir, termasuk tuntutan atau permintaan yang diajukan terhadap SiteMinder oleh Pengguna Akhir.

18.5 Permerekan dan Penggunaan Nama

Pelanggan tidak boleh menggunakan logo SiteMinder atau merujuk ke SiteMinder kecuali dengan persetujuan tertulis sebelumnya dari SiteMinder sesuai dengan petunjuk atau panduan apa pun yang disediakan oleh SiteMinder.

18.6 Asuransi

  1. Pelanggan harus mengambil dan menjaga polis asuransi yang valid dan dapat dilaksanakan dalam suatu jumlah tertentu dan memberikan pertanggungan terhadap risiko yang mungkin lazim bagi bisnis hotel dengan ukurannya.
  2. Pelanggan harus menyediakan bagi SiteMinder, atas permintaan SiteMinder, surat keterangan keberlakuan dari perusahaan asuransinya yang menyatakan bahwa Pelanggan mematuhi ketentuan yang terdapat pada pasal ini.

19. Umum

19.1 Tidak ada pengalihan

Tidak satu pun dari para pihak yang dapat mengalihkan, membebankan biaya atau mentransaksikan hak dan kewajibannya apa pun berdasarkan Perjanjian ini atau berniat melakukan hal semacam itu, tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari pihak lain, yang tidak boleh ditahan atau ditunda tanpa alasan yang wajar.

19.2 Perubahan Kontrol

Jika terjadi perubahan Kontrol sehubungan dengan Pelanggan atau Pelanggan menjual sebuah properti yang menerima Layanan berdasarkan Perjanjian ini, maka SiteMinder dapat mengakhiri Perjanjian, atau ketentuan Layanan apa pun, setiap saat tanpa pemberitahuan. Jika Pelanggan ingin mengalihkan Perjanjian ke pemilik baru dari bisnis atau propertinya, Pelanggan harus membuat permohonan secara tertulis ke SiteMinder untuk melakukan hal tersebut. Pelanggan tetap bertanggung jawab berdasarkan Perjanjian ini hingga SiteMinder menyetujui secara tertulis pengalihan tersebut.

19.3 Pemberitahuan

  1. Suatu pemberitahuan atau komunikasi lain yang diperlukan atau diperbolehkan untuk diberikan dari satu pihak ke pihak lain harus dilakukan secara tertulis dan:
    1. diantar langsung;
    2. dikirim melalui surat prabayar ke alamat penerima yang ditetapkan di dalam Perjanjian ini;
    3. dikirim melalui transmisi faksimile ke nomor faksimile penerima dengan tanda terima mesin faksimile dari penerima; atau
    4. dikirim melalui email ke alamat email yang sebelumnya digunakan atau diberi tahu oleh pihak lain.
  2. Suatu pemberitahuan atau komunikasi lain dianggap telah diberikan:
    1. Jika diantar langsung, begitu selesai diantar;
    2. jika dikirim melalui surat, pada Hari Kerja kedua setelah pengeposan;
    3. jika dikirim melalui faksimile sebelum pukul 16:00 pada Hari Kerja di tempat penerima pada hari dikirimnya atau pada Hari Kerja keesokan harinya di tempat penerima; atau
    4. jika diemail pada tanggal dikirimnya, kecuali penerima dapat memperlihatkan bahwa email tersebut gagal terkirim.
  3. Suatu pihak dapat mengubah alamatnya untuk layanan dengan memberikan pemberitahuan mengenai perubahan tersebut secara tertulis kepada pihak lain.
  4. Rincian kontak masing-masing pihak untuk pemberitahuan berdasarkan Perjanjian ini dicantumkan pada bagian Para Pihak di atas.

19.4 Hukum dan yurisdiksi yang mengatur

Perjanjian ini diatur menurut hukum New South Wales, Australia dan setiap pihak secara tidak dapat dibatalkan tunduk kepada yurisdiksi noneksklusif dari pengadilan New South Wales.

19.5 Jaminan lebih lanjut

Setiap pihak dari waktu ke waktu akan melakukan semua hal (termasuk menandatangani seluruh dokumen) yang diperlukan atau diinginkan untuk memberlakukan secara penuh Perjanjian ini. Setiap pihak menyatakan bahwa masing-masing pihak telah mendapatkan nasihat hukum, atau telah mendapatkan kesempatan untuk memperoleh nasihat hukum, sehubungan dengan Perjanjian ini.

19.6 Variasi

Kecuali sepanjang yang ditentukan secara tegas dalam Perjanjian ini, Perjanjian ini tidak dapat diubah atau divariasikan kecuali secara tertulis yang ditandatangani oleh kedua belah pihak.

19.7 Rangkap salinan dan tanda tangan faksimile

  1. Perjanjian ini dapat dibuat dalam satu rangkap salinan atau lebih, di mana masing-masingnya ketika ditandatangani akan dianggap sebagai dokumen asli dan keseluruhannya secara bersama-sama merupakan perjanjian yang satu dan sama.
  2. Pengiriman oleh suatu pihak:
    1. melalui email, faks atau sarana elektronik lain atas salinan Perjanjian ini yang telah ditandatangani; atau
    2. penandatanganan dan pengiriman elektronik melalui metode pembubuhan tanda tangan elektronik yang aman dan diterima secara umum, akan dianggap sebagai bukti tanda tangan asli untuk tujuan menjadikannya sebagai perjanjian yang mengikat antara para pihak, dan salinan yang ditandatangani atau salinan elektronik yang dikirimkan tersebut akan dianggap dokumen asli untuk keperluan Perjanjian ini.

19.8 Kuasa hukum

Setiap kuasa hukum dan individu lain mana pun yang menandatangani Perjanjian ini atas nama suatu pihak menjamin bahwa yang bersangkutan memiliki kuasa penuh dan tepat untuk melakukan hal tersebut dan tidak mengetahui tentang pencabutan atau penangguhan apa pun mengenai kuasa atau otorisasi lain yang relevan.

19.9 Tanggung jawab secara tanggung renteng

Jika Pelanggan menandatangani Perjanjian ini atas nama lebih dari satu pihak, sehingga banyak pihak menerima Layanan berdasarkan Perjanjian ini, setiap pihak akan bertanggung jawab secara tanggung renteng sehubungan dengan semua Layanan yang disediakan tersebut.

19.10 Perjanjian keseluruhan

Sehubungan dengan pokok Perjanjian ini:

  1. syarat dan ketentuan ini, semua Lampiran Produk yang relevan secara bersama-sama dianggap sebagai perjanjian keseluruhan antara para pihak; dan
  2. menggantikan seluruh komunikasi lisan dan tulisan oleh atau atas nama mana pun dari para pihak sehubungan dengan pokok Perjanjian ini.

9.11 Tidak mengandalkan jaminan dan pernyataan

Dengan mengadakan Perjanjian ini, setiap pihak menyatakan bahwa:

  1. setiap pihak tidak mengandalkan jaminan atau pernyataan apa pun (baik lisan atau tulisan) sehubungan dengan pokok Perjanjian ini selain dari yang dinyatakan secara tegas dalam Perjanjian ini atau di Lampiran Produk relevan; dan
  2. setiap pihak telah mengandalkan penyelidikannya sendiri sehubungan dengan pokok Perjanjian ini.

19.12 Keberlakuan

  1. Tergantung pada ketentuan mana pun yang bertentangan, Perjanjian ini akan membawa maslahat bagi kepentingan dari, dan akan mengikat para Pihak dan penerus, wali amanat, penerima pengalihan hak yang diizinkan atau kurator tapi tidak akan menambah maslahat bagi orang lain mana pun.
  2. Persetujuan, persyaratan dan ketentuan dari Perjanjian ini yang bisa memiliki keberlakuan setelah Perjanjian ini berakhir akan tetap berkekuatan dan berlaku penuh setelah berakhirnya Perjanjian ini.
  3. Setiap penggantian kerugian dalam Perjanjian ini akan tetap berlaku kendati dokumen ini telah berakhir atau habis jangka waktunya.

19.13 Pemisahan

Apabila terdapat sebagian dari Perjanjian ini yang tidak berlaku secara hukum, Perjanjian ini tidak akan menyertakannya. Ketentuan lainnya dalam Perjanjian ini akan tetap berlaku sepenuhnya.

19.14 Tidak ada penggabungan

Tidak ada ketentuan dalam Perjanjian ini yang menggabungkan, menghapuskan, menunda, mengecilkan atau memengaruhi dengan mengurangi hak, kuasa atau pemulihan apa pun yang mungkin dimiliki SiteMinder terhadap Pelanggan atau individu lain mana pun pada saat kapan pun.

19.15 Izin dan persetujuan

  1. Dalam hal Perjanjian ini memberi SiteMinder suatu hak atau kuasa untuk memberikan izin atau persetujuan sehubungan dengan pokok Perjanjian ini, SiteMinder dapat menahan setiap izin dan persetujuan atau memberi izin dan persetujuan secara bersyarat atau secara mutlak dan atas pertimbangannya sendiri sepenuhnya. Pihak yang menginginkan izin dan persetujuan harus mematuhi setiap ketentuan yang diberlakukan SiteMinder untuk izin atau persetujuannya.
  2. Pelanggan menjamin bahwa Pelanggan telah dan akan menjaga kuasa dan otoritas serta telah mendapatkan dan akan mematuhi semua lisensi dan izin yang diperlukan, yang dibutuhkannya untuk mengadakan Perjanjian ini dan mendapatkan serta memanfaatkan Layanan.

19.16 Hubungan

Para pihak menyetujui bahwa Perjanjian ini tidak menciptakan hubungan kemitraan, pemekerjaan, waralaba, usaha patungan atau agensi apa pun dan bahwa SiteMinder merupakan kontraktor independen.

19.17 Bahasa

Jika terjadi sengketa apa pun mengenai makna dari perjanjian ini, antara versi bahasa Inggris dan non-Bahasa Inggris, maka yang akan berlaku adalah versi bahasa Inggris.

MS.Version.2017.07.17

Send this to a friend